Sunday, November 22, 2020

Nikmatnya Cita Rasa Rissol Mayo BeTe

 

Siapa sih yang gak kenal sama Rissol. Sebagaimana kita tahu Rissol saat ini semakin digemari di berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua karena rasanya yang gurih dan renyah. Rissol adalah makanan ringan atau kue yang berisi daging atau rogut yang dibungkus dengan adonan tepung lalu dilumuri tepung panir dan digoreng kering.

Risoles dulunya disebut roinsolles mulai dikenal pada abad ke-13 di zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu makanan ini hanya sekedar panekuk yang digoreng di penggorengan memakai mentega atau lemak sapi. Risoles berasal dari bahasa Belanda dan Rissole sendiri merupakan serapan dari bahasa latin russeoulus yang berarti (berwarna) kemerahan.

Risoles yang kita kenal mempunyai beberapa versi dan sebutan yang berbeda di beberapa negara. Di Portugal bernama rissois, bentuknya bulan sabit dan bertekstur pastry berisi ikan dan udang. Kemudian di Inggris risoles terbuat dari ikan, kentang tumbuk dan digoreng disajikan dengan keripik kentang. Beda lagi di Australia bentuknya gulungan daging seperti meatball. Di Prancis risoles ini bertekstur puff pastry yang berlapis-lapis dengan isian buah disajikan sebagai dessert

Seiring perkembangan zaman isian risoles makin beragam. Isian risoles yang saat ini sedang trend adalah risoles mayo. Meskipun isian yang makin beragam tetapi tetap tidak meninggalkan ciri khas risoles itu sendiri, yaitu bagian kulit yang dilapisi tepung panir dan telor ayam kocok.

Seorang karyawan swasta bernama Tarini mulai mencoba untuk terjun juga di bisnis kuliner. Beliau melihat peluang pasar yang masih cukup luas untuk bisnis kuliner. Apalagi di saat Indonesia mulai terdampak dengan efek munculnya virus COVID-19, banyak orang yang harus tinggal di rumah demi menghambat penyebaran virus ini.

Pilihan bisnis kuliner jatuh pada Rissol Mayo karena menurutnya rissol adalah makanan yang mudah dibuat, tidak perlu edukasi pasar lagi dan saat ini masih diminati oleh berbagai kalangan. Beliau mencoba untuk mengolah rissol buatannya menjadi makanan frozen supaya tahan lama sehingga minim terjadi risiko rusak.

Beliau memberi nama brand untuk produknya BeTe. Nama brand tersebut berawal dari personal branding beliau di kantor dan komunitas Fotografi yang kerap memanggilnya dengan nama BT (mBak Tari). 

Produksi rissol yang pertama kali beliau buat di kota Yogyakarta. Rissol BeTe ini mempunyai kulit tipis sehingga lebih krispi. Isi dari rissol ini ada sosis panggang, telur, bawang bombay, susu, mayonaise. Bahan yang digunakan pun merupakan bahan pilihan yang berkualitas karena beliau sangat memperhatikan kualitas produknya. Walaupun demikian dari segi harga produk beliau masih sangat kompetitif dan terjangkau untuk kalangan menengah ke atas.

Produk rissol BeTe baru mempunyai 1 varian, saat ini sedang tahap pengembangan untuk varian lain. Rissol BeTe mempunyai slogan yang unik dan ternyata juga mengandung makna tersendiri. Slogannya adalah “No Risau Just Rissol” artinya Hidup jangan dibuat susah dengan satu gigitan kenikmatan rissol, mampu melupakan kesusahan/kerisauan hidup. Slogan ini cocok untuk masa pandemi yang penuh kerisauan.

Awalnya beliau menawarkan produknya ke outlet frozen food di kota Yogyakarta. Melihat permintaan semakin banyak beliau mencoba untuk memperluas pemasaran dengan membuka peluang menjadi reseller dan distributor. Untuk syarat menjadi reseller adalah pembelian produk minimal 10 pack sedangkan untuk menjadi distributor pembelian minimal 50 pack. Saat ini beliau sudah mempunyai 8 reseller dan 2 distributor di berbagai wilayah. Reseller dan distributornya berasal dari perorangan atau pun outlet frozen food.

Beliau membuka cabang untuk produksi rissolnya di kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Panembahan Senopati Palbapang Bantul (Sebrang Respira). Cabang Solo ada di Jl. Ontorejo 1, Dawung Kulon, Serengan. Cabang Jakarta berada di Tanjung Barat. Untuk Cabang Bekasi ada di Duta Harapan Bekasi Utara dan Kayu Ringin Bekasi Selatan. 

Jika anda tertarik untuk menjadi partner bisnis beliau sebagai reseller, distributor atau pun hanya sekedar ingin mencicipi produk rissol BeTe ini bisa langsung untuk kontak beliau di nomer HP 08161453403.

No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates